Rabu, 06 Oktober 2010

Harga Minyak Naik Lagi di Pasaran Asia

Harga minyak berbalik naik di perdagangan Asia pada Rabu (6/10/2010), namun perkiraan peningkatan besar stok minyak mentah di AS memperlembut sentimen pasar, demikian dikatakan analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman November naik enam sen menjadi 82,88 dolar AS per barel di sore hari.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November bertambah dua sen menjadi 84,86 dolar AS.

"Data yang dirilis American Petroleum Institute (API) pada Selasa menunjukkan lonjakan cadangan minyak mentah AS sehingga mengurangi harga minyak," kata Victor Shum, prinsipal senior Purvin and Gertz, konsultan energi internasional di Singapura.

"Laporan API menunjukkan stok minyak mentah naik sebesar 4,4 juta barel pada minggu lalu. Itu kenaikan besar," katanya.

Namun dia menambahkan, harga akan terus didukung oleh gangguan pasokan di Pesisir Teluk AS dan pemogokan yang bergulir di terminal minyak utama Prancis.

Menurut media AS, penutupan jalur pelayaran di kota Houston AS setelah kecelakaan kapal tongkang pada Minggu, menyebabkan kekurangan minyak mentah di empat kilang di sekitar kawasan karena pasokan terganggu.

Terminal minyak utama di Prancis terpukul akibat pemogokan, yang dipicu oleh oposisi serikat buruh sebagai dampak rencana pemerintah mereformasi pelabuhan di negara itu.

Sekjen serikat CGT pelabuhan, Pascal Galeote, kepada Dow Jones Newswires mengatakan, aksi mogok di terminal minyak Fos-Lavera masih akan berlangsung terus hingga hari ke-10 pada Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar